Salam Otomotif, kali ini saya posting tentang dua motorsport yang akhir akhir ini jadi buah bibir masyarakat umum. Belum lama ini Yamaha meluncurkan motorsport R series, yang terdiri atas mesin kapasitas 150 cc yang diberi brand Yamaha YFZ R15 dan mesin berkapasitas 250 cc yang diberi brand Yamaha YFZ R25. Dengan diluncurkannya motorsport ini membuat persaingan dunia otomotif semakin memanas, dimana Produsen Produsen sepeda motor kini berlomba lomba meluncurkan karya terbaik mereka. Yamaha YFZ R15 digadang gadang menjadi pesaing Honda CBR 150 R yang merupakan produk motorsport terbaru dari Honda. Sebenarna susah juga untuk menentukan mana yang paling unggul, karena setiap brand punya kelebihan dan kekurangan masing masing, untuk itu mari kita bahas lebih lanjut mengenai brand dari Yamaha dan Honda Ini :
1. HONDA CBR 150 R
1. Jelas ketangguhan mesin CS150RE, 4-Tak, DOHC, silinder tunggal berpendingin cairan,
berkubikasi 149,4 cc yang mampu menghasilkan tenaga 13,11 kW dengan
torsi puncak 12,66 Nm, dan bertransmisi manual 6 percepatan ini tak perlu dipertanyakan lagi, dan jelas unggul dalam kelasnya, dengan mesin DOHC, jelas akselerasi Honda CBR 150 R lebih unggul dari Yamaha YFZ R15 yang berteknogi SOHC.
2. Desain aerodinamis membuat motorsport pabrikan honda ini semakin garang dan tangguh,
3. Ketahanan dan kualitas body sudah pasti unggul dikelasnya dengan standar kualitas honda yang terkenal memiliki kualitas mantab.
4. Dari segi kenyaman jelas honda selalui memprioritaskannya, dengan jok yang lega dan nyaman untuk pengemudi dan pembonceng
motorsport ini dibandrol Honda dengan harga Rp42.900.000 dan Rp 43.650.000 untuk CBR Repsol edition. Berikut spesifikasi lengkap dari website resmi Honda :
Tipe |
CBR 150R |
CBR 150R Repsol Edition |
|
Harga |
Rp42.900.000 |
Rp 43.650.000 |
|
Dimensi | |||
Panjang X Lebar X Tinggi |
1,977 x 701 x 1,130 mm |
1,977 x 701 x 1,130 mm |
|
Jarak Sumbu Roda |
1310 mm |
1310 mm |
|
Jarak terendah ke tanah |
190 mm |
190 mm |
|
Berat kosong |
138kg |
138kg |
|
Kapasitas tangki bahan bakar |
13.1 liter |
13.1 liter |
|
Rangka | |||
rangka |
Twin Tube Diamond |
Twin Tube Diamond |
|
Tipe suspensi depan |
Teleskopik |
Teleskopik |
|
Tipe suspensi belakang |
Suspensi Tunggal (Monoshock) |
Suspensi Tunggal (Monoshock) |
|
Ukuran Ban Depan |
100/80 - 17M/C 52P (Tubeless) |
100/80 - 17M/C 52P (Tubeless) |
|
Ukuran Ban Belakang |
130/70 - 17M/C 62P (Tubeless) |
130/70 - 17M/C 62P (Tubeless) |
|
Rem Depan |
Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda |
Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda |
|
Rem Belakang |
Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
|
Mesin | |||
mesin |
CS150RE, Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC, Single Cylinder |
CS150RE, Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC, Single Cylinder |
|
Kelas |
150 |
150 |
|
Volume Langkah |
149.4 |
149.4 |
|
Diameter X Langkah |
63.5 x 47.2 |
63.5 x 47.2 |
|
Perbandingan Kompresi |
11.0 : 1 |
11.0 : 1 |
|
Daya Maksimum |
13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm |
13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm |
|
Torsi Maksimum |
12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm |
12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm |
|
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin |
1,0 Liter pada Penggantian Periodik |
1,0 Liter pada Penggantian Periodik |
|
Tipe Kopling |
Manual, Wet Multiplate with Coil Springs |
Manual, Wet Multiplate with Coil Springs |
|
Tipe Transmsi |
6-Kecepatan |
6-Kecepatan |
|
Pola Pengoperan Gigi |
1-N-2-3-4-5-6 |
1-N-2-3-4-5-6 |
|
Tipe Starter |
Elektrik Starter |
Elektrik Starter |
2. YAMAHA YFZ R15
1. Dengan mesin 149,8 cc, 4 langkah, 4 valve SOHC, berpendingin cairan, silinder tunggal, memiliki 6 percepatan bertransmisi manual, yang mampu mencapai 16.83 dk/8.500 rpm dengan hitungan torsi 15 Nm/7.500 rpm, masih kalah saing dengan CBR 150 R
2. Kelebihan utama produk ini terletak pada pola desain yang maskulin dan gagah dengan lekukan lekukan yang mirip dengan ninja 250.
3. Ketahanan dan Kualitas body masih dipertanyakan dimana pada umumnya, motor yamaha kalah kualitas dengan Honda
4. Dilihat dari segi kenyamanan, motorsport ini cukup untuk memberi kenyamanan yang menjanjikan untuk sang pengemudi namun entah untuk pembonceng, layaknya motorsport ninja 250, motor ini menggunakan jok belakang yang ringkas dan keras, sehingga mengorbankan kenyamanan pembonceng. Berikut spesifikasi motor Yamaha YFZ R15 dari web viva.co.id :
Panjang x Lebar x Tinggi : 1975 mm x 660 mm x 1070 mm
Daya maksimum : 16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 14,5 Nm / 7.500 rpm
Berat Kosong : 136 kg
Kapasitas Tangki : 12 Liter
Tipe Rangka : Deltabox
Tipe Transmisi : Manual, 6-percepatan
Ban Depan & Belakang : 90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S
Rem Depan & Belakang : Cakram 267mm & Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Link Suspension, Monocross
Sekarang tinggal tanya hati kecil agan agan mau pilih yang mana pilih fisik apa dalemnya hahay. Dilema banget.
Sebagai penghargaan, mohon readers berkenan like fp dan +1 blog ini. thanks. sampai ketemu di artikel berikutnya. Salam Otomotif
.
0 komentar:
Posting Komentar